Rabu, 26 Februari 2014

PELUNCURAN KAPAL UPN VETERAN JAKARTA

http://www.youtube.com/watch?v=oOkX2FGDXV0

Peluncuran Kapal produksi Mahasiswa Teknik Perkapalan UPN Veteran Jakarta untuk yang kesekian kalinya dan baru kali ini terdokumentasi secara visual. Jila kita menengok besarnya kebutuhan negara kepulauan dan maritim ini akan moda transportasi laut, maka kita seharusnya menengok juga potensi adik-adik mahasiswa kita khususnya di jurusan Teknik Perkapalan, sebuah jurusan yang langka yang berbanding terbalik dengan kebutuhan lulusanya untuk mendukung teknologi bangunan kapal yang sangat besar kebutuhanya.

Sampai saat ini, captive dan peluang strategis ini belum juga dioptimalkan oleh Universitas pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai yang memiliki jurusan teknik perkapalan yang terbilang langka ini sebagai sebuah peluang besar memasuki pengembangan teknologi bangunan kapal yang sangat besar posisi strategisnya di negara kepulauan / maritim ini.

kali ini mahasiswa meluncurkan Kapal Patroli Engine Outboard 2X 85 HP sebagai bagian dari kontribusi riil kebutuhan kapal patroli di Maluku Utara. Jika saja ada pihak partnership yang bgerani menggawangi re=iset secara akademik dan kemudian memfasilitasi workshop bahkan pabrikan yang dikhususkan untuk memproduksi kapal-kapal yang lainya, banyak nilai yang dapat dipetik baik tangible maupun intangible, dan berpeluang pula memasuku dunia bisnis strategis pada pembuatan secara masal kapal-kapal yang diproduksi oleh lulusan jurusan teknik perkapalan UPN Veteran jakarta.(by: Bambang Heda)

TEST PELUNCURAN KAPAL UPN VETERAN JAKARTA 
KAPAL PATROLI ENGENE OUT BOARD 2X 85

PELUNCURAN KAPAL UPN VETERAN JAKARTA KAPAL PATROLI ENGENE OUT BOARD 2X 85 HP KARYA MAHASISWA PERKAPALAN UPNVJ

Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) membuat kapal sebagai bentuk pengabdian diri untuk masyarakat, sekaligus membantu nelayan Pandeglang dalam rangka memajukan dan membantu nelayan Pandeglang.
Kapal buatan Fakultas Teknik UPNVJ
Kamis, 13 Desember 2012, menjadi hari yang paling mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa Teknik Perkapalan. Hari itu bukan hari biasa karna bertepatan dengan Edu Festival menjadi alasan kenapa kondisi lapangan kali ini ramai tak biasanya.

Acara ini bertepatan dengan rangkaian Diesnatalis UPNVJ yang memasuki angka emas yakni 50 tahun, yang turut memamerkan sejumlah karya dari Fakultas Teknik tak terkecuali Teknik Perkapalan yang menyumbangkan sebuah kapal nelayan bermotor. Mereka terinspirasi dari Tridharama Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. “Kita melihat bahwa Pandeglang potensinya bagus namun disana belum tersentuh,” jelas Bijak Fadhil, salah satu mahasiswa Teknik Perkapalan yang berkecimpung dalam proyek ini.

Bijak menuturkan, butuh waktu dua puluh hari dalam proses produksi kapal tersebut. Mulai dari menggambar konsep kapal lalu percetakan sampai praktek pengecoran. Bahan utama yang digunakan adalah fiberglass. Seluruh mahasiswa Teknik Perkapalan turut andil dalam proses pengerjaannya, namun konsepnya sendiri dicetuskan oleh angkatan 2009.

Keistimewaan dari karya mahasiswa dari Fakultas Teknik Perkapalan ini adalah penggunan mesin motor pada kapal buatannya. Pembuatan kapal ini dilakukan oleh mahasiswa teknik perkapalan yang dibiayai penuh oleh UPN sendiri, dan semua bahan dalam pembuatan kapal tergolong mudah untuk didapatkan sehingga tidak memiliki kendala berarti dalam pembuatannya. “Pembuatan kapal ini memakai bahan yang terbuat dari fiberglass agar lebih kuat dan tahan lama untuk kedepannya,” tutur bijak selaku konseptor dan pelaksana.

0 komentar:

Posting Komentar