Selasa, 25 Februari 2014

Merubah Tradisi Menuju UPN Gemilang


Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi harus mampu mencetak generasi muda harapan bangsa dan negara yang memiliki kualitas bersaing dengan kampus-kampus ternama di ibukota dalam mengisi kemerdekaan. namun untuk mewujudkan keinginan ini diperlukan sebuah trobosan untuk menghidupkan kembali fakultas ternama yang pernah mengiringi perjalanan panjang kampus "helm baja".menjaadi prioritas utama Mulyadi Widodo Alumni Fakultas Teknik Perkapalan angkatan 1994 Untuk mewujudkan program itu putra asli Kebumen 17 Juli 1975 ini tidak tinggal diam. melalui motto KURUGITAMA (kumpul, Rukun ,giat taat dan manfaat) ingin Menjadikan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menjadi universitas yang terkemuka di tingkat Nasional dan internasional.

Namun untuk mewujudnyatakan impian ini tidaklah mudah. Pria yang akrab di sapa Pak Mul ini mengaku miris dengan keberadaan UPNVJ yang tergerus jaman terbukti dengan dibekukannya beberapa jurusan terkemuka yang menjadi perintis dalam sejarah keberadaan UPN Veteran Jakarta yang kini tinggal nama. "di UPN, jurusan Maritim atau teknik Perkapalan , tekstil, atevet atau akademi teknik veteran merupakan jurusan Tua dan Perintis UPNVj" ujar bapak dengan dua orang putra ini.

Ia menanggapi keberadaan Fakultas Teknik perkapalan yang pernah menjadi "rumahnya" ini menyusut pelan. Saat awal lingkungan akademisi yang mengandrungi Kapal ini berada dalam naungan Fakultas, namun seiring perjalanan waktu Fakultas teknik Perkapalan berubah wujud menjadi jurusan perkapalan yang saat ini hilang tinggal nama akibat menurunnya animo mahasiswa baru untuk mengikuti jejak pendahulunya. "jurusan ini kemudian diperkecil kelembagaannya dari fakultas menjadi hanya jurusan dikarenakan alasan animo mahasiswa baru sedikit dan karakter mahasiswa pada masa lampau yang dianggap terlalu Keras," tandas pak Mul.

Menurut Dia Kenyataan ini sangat disayangkan ketika dunia kerja sangat membutuhkan banyak lulusan teknik perkapalan seperti dirinya.namun dengan dibekukanya fakultas ini tidak ada lagi lulusan fakultas teknik perkapalan UPNVJ yang berkualitas yang dibutuhkan dan dicari-cari perusahaan."kenyataannya saat ini saya adalah pengguna langsung lulusan teknik perkapalan , dan karena jumlah kelulusannya dari UPNVJ sedikit maka peluang ini juga diambil oleh alumni-alumni dari perkapalan universitas lain" tegasnya. Pria dengan perawakan tegas ini bekerja di PT Tomo & Son sebagai Jakarta Oprasional Manager dan manager Of natural Resorce Departemen.Beliau menjelaskan sebagaian besar karyawan di perusahaan tempat beliau bekarja saat ini merupakan alumni UPN Veteran Jakarta. "jumlah tenaga teknis perkapalan di kantor kami bekerja saat ini 63 0rang dari 90 jumlah tenaga kerja.ke -63 orang tersebut alumni UPNVJ sedangakan 19 orang lainya dari universitas tekemuka di indonesia" jelasnya.

selain itu dirinya menambahkan setidaknya alumni UPN Veteran Jakarta berbangga hati kepercayaan terbesar di berikan seluas-luasnya kepada kita untuk mengelola perusahaan, beliau menambahkan "sebagian besar alumni Teknik perkapalan menjadi pengelola dalam perusahaan".

kedepannya pak Mul berharap agar alumni dapat memeperhatikan kualitas lulusan UPN Veteran Jakarta kedepan agar tidak kalah bersaing dengan universitas lain, "jadi harus dilakukan review menyeluruh terhadap cara dan pola pembelajarannya"ujar pak Mul.selain itu dirinya meminta agar kelangsungan jurusan teknik perkapalan tetap dipertahankan.

0 komentar:

Posting Komentar